Diwarnai Gol Kolaborasi Cantik Asnawi-Witan, Indonesia Ditahan Singapura

By ommed


nusakini.com - Indonesia gagal mendulang kemenangan di perjumpaan pertama semi-final Piala AFF 2020 kontra Singapura seiring tuan rumah membuat gol balasan telat untuk menutup laga dengan skor sama kuat, 1-1.

Bermain di Singapore National Stadium, tak mudah bagi skuad Garuda menaklukkan pertahanan The Lions mengingat rapatnya pertahanan mereka. Namun momentum datang jelang setengah jam laga berjalan.


Tepat di menit ke-28, Indonesia membuka keunggulan melalui sebuah kolaborasi paripurna antara Asnawi Mangkualam dan Witan Sulaeman.

Berawal dari manuver Asnawi di sisi kanan, dia melakukan umpan satu dua dengan Witan. Bola yang dikembalikan ke Asnawi membuat winger Ansan Greeners ini berdiri bebas di sisi kanan kotak penalti lawan.

Asnawi kemudian melepaskan umpan tarik untuk kemudian disontek dengan sempurna oleh Witan, mengarah ke pojok kanan bawah gawang Singapura. 1-0 Indonesia berada di atas angin.

Singapura coba bereaksi, akan tetapi hingga kedua tim memasuki ruang ganti, papan skor tetap menunjukkan angka 1-0 untuk keunggulan pasukan Shin Tae-yong.


Selepas rehat, Singapura meningkatkan intensitas permainan guna mengejar ketertinggalan. Tuan rumah beberapa kali memberi tekanan di pertahanan Indonesia, tetapi lini belakang Merah Putih bermain solid.

Dari segi penciptaan peluang, kedua tim relatif berimbang. Demikian juga dari sisi penguasaan bola, dengan persentase 50-50 persen.

Namun, 20 menit sebelum pertandingan rampung, gol balasan yang dinanti-nanti publik Singapura akhirnya datang juga. Ikhsan Fandi bereaksi untuk menetralkan keadaan, bekerja sama dengan Faris Ramli. Skor kini berimbang satu sama.


Sampai wasit meniup peluit panjang, tak ada lagi gol tercipta dari kedua tim. Dengan demikian, peluang Singapura dan Indonesia merangsek ke babak final masih fifty-fifty.

Kedua tim akan memainkan leg kedua 25 Desember mendatang untuk penentuan tiket ke partai puncak. (gi/om)